The red femi

Klonning kok bangga

leave a comment »

Saya barusan berseteru pendapat dengan seorang teman, tentang kloning.

Kloning adalah membikin ganda rekaman kaset pada narasumber. Atau, bisa juga si wartawan malas datang untuk doorstop si sumber, dan memilih untuk menjiplak transkripan teman. Tentu saja, klonning ini dilakukan agar nggak dimarahin si boss lantaran telat datang untuk doorstop maupun malas cari berita. Huh!

Menurut teman saya, sah-sah saja kalau klonning. Soalnya, banyak alasan kenapa si wartawan memilih klonning. Pertama, tape yang dipegang oleh si wartawan nggak menjangkau suara narasumber sehingga suara yang dihasilkan kabur dan nyaris nggak terdengar. Kedua, si wartawan terlambat datang untuk menyetop narasumber dan mencecarnya dengan sederet pertanyaan. Bisa jadi, keterlambatan ini karena kemacetan di jalan atau banyaknya orang yang mesti disodorin tape, atau memang sengaja datang terlambat karena malas. Ketiga, si wartawan sudah mengkondisikan dirinya bermental klonner dan menyukai aktivitas ilegal ini.

Memang, dalam UU pers nggak ada yang mengatur soal penjiplakan hingga klonning. “jadi, kamu nggak mau kasih tape kamu kalau ada yang minta klonning, dan kamu juga ga mau kasih transkripan kamu kalau ada yang minta?” tanyanya. Ooo … saya sih welcome-welcome aja kalau mau ada yang klonning. Hanya saja, ada satu-dua teman yang dengan bangganya menyukai strategi pencarian berita macam ini. “klonning aja ah. Ini mah sudah mental saya …” seloroh seorang teman yang hobi klonning. Jadi, klonning bukan lagi menjadi deretan dari beberapa pilihan, tetapi sudah mengakar dari mental si wartawan.

Payah juga.

Written by femi adi soempeno

July 10, 2005 at 4:32 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: