The red femi

Gereja Blenduk yang mblenduk

leave a comment »

p1070369.JPG

mbenduk … mblenduk …

“bukan mblenduk … tapi blenduk!” tegas deon. uwh. iya, iya. namanya juga lidah Jawa. bilang bandung tetap saja mBandung. bilang bantul ya mBantul.

nama gereja ini gereja Blenduk lantaran bentuk kubahnya yang seperti irisan bola, maka orang mengatakan ‘mblenduk’. gereja yang kini dihuni untuk umat protestan ini dibangun pada tahun 1750 dan dipugar pada tahun 1894 HPA de Wilde Westmas.

gereja peninggalan Belanda ini juga menarik dari sisi desainnya. lihat, di sisi timur, barat dan selatan bangunan, terdapat portico bergaya Dorik Romawi. sementara itu ua buah menara berada di bagian depan, simetris di kiri dan kanannya. di bawah kubah kecilnya terdapat dua buah jam. pintu masuk merupakan pintu ganda dari panel kayu. ambang atas pintu berbentuk lengkung, demikian juga dengan ambang atas jendela.

ada dua tipe jendela di gereja ini, pertama, jendela ganda berdaun krepyak, kedua, jendela kaca patri warna-warni yang begitu khas. juga, sebuah ruang terbuka bekas Parade Plein di sebelah timur bangunan, menambah keistimewaan Gereja ini. Gereja ini sekarang memiliki nama resmi GPIB. (Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat) Immanuel.

gereja ini menempati areal seluas 400 m², bangunan ini berbentuk segi delapan beraturan (hexagonal) dengan penampil berupa bilik-bilik empat persegi panjang dan sisi sebelahnya berbentuk salib Yunani. bentuk inetriornya seluruhnya bercirikan Belanda yang dihiasi sulur tumbuhan yang tertata dari bahan sedangkan pada balkonnya mempunyai bentuk keindahan interior yang unik.

kalian, sudah mampir belum?

Written by femi adi soempeno

October 22, 2006 at 8:23 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: