The red femi

Jus tomat

leave a comment »

p1080639.JPG

mau jus tomat?

saya suka sekali jus tomat. merahnya tomat adalah lantaran pigmen likopen yang konon bekerja sebagai antioksidan yang kuat yang bisa mencegah penyakit kanker, terutama kanker prostat. orang perancis menyebutnya “apel cinta”, sedangkan orang jerman menyebutnya “apel surga”. konon, orang Inggris sempat menganggapnya beracun karena warna buah matangnya yang merah merona. saya memanggilnya dengan nama yang sederhana saja: tomat.

tomat ini mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin B2. tahu sendiri, vitamin B1 esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi, dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot, membantu tubuh membuat dan memakai protein. sedangkan vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh, khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan, pertumbuhan pada anak, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh dan membantu menata kembali keasaman tubuh.

saya biasa membeli satu plastik tomat seharga Rp 5000 berisi sekitar 9 buah tomat masak di tempat mbak sum. saya biasa mengiris sekitar tiga hingga empat buah tomat untuk menjadi satu gelas jus tomat segar. saya hampir tidak bisa memakannya sebagai cemilan. soalnya, kok rasanya lebih menarik bila di jus. tentu saja, tanpa air dan gula lantaran kandungan airnya sudah cukup tinggi dan tekstur tomatnya akan memiliki cita rasa yang tinggi tanpa ada gula di dalamnya.

tomat memiliki banyak khasiat, selain yang saya sebut diatas. ciptaan Tuhan ini bisa mengatasi gusi yang berdarah dan sariawan. bisa juga untuk sembelit. bahkan, sejak tahun 1834, ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, yaitu dengan meminum jus tomat.konon, penelitian yang dilakukan Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan khasiat biji tomat bagi kesehatan. cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, ternyata mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Penelitian juga mendapatkan bahwa jika kita meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

saya sedang membikin jus tomat. kalian mau?

soal per-tomat-an, bisa kalian dapatkan di:

t o m a t

tomat untuk stroke

tomat buah bervitamin

Written by femi adi soempeno

November 19, 2006 at 8:06 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: