The red femi

tabu

with one comment

percakapan semalam sungguh basi. sunnguh basi!

sampai-sampai saya ngeloyor pergi sambil bilang, “gue benci ngomongin beginian!”
humh. begini ceritanya. seorang teman akan menikah dalam waktu dekat. tahu sendiri, satu pernikahan dalam sebuah kehidupan. sakral. bersahaja. istimewa. berkat. tanda di kening. bisikan kasih. rona merah di pipi. siapapun akan mengimpikan pernikahan yang indah. saya juga.

reriungan bertiga di ranjang empuk itu ternyata menggunjingkan soal pasangan yang akan menikah. “laki-nya pindah agama … ngikut yang perempuan,” kata seorang teman. oke.

apapun yang terjadi, bagi saya, agama adalah sebuah pancang yang tegak berdiri lurus keatas. iya, itu sebuah hubungan mesra antara saya-kita-kalian dengan si empunya hidup.

“… ya jelas pindah agama lah, lagian kan orang tuanya dua-duanya sudah nggak ada, jadi sah-sah aja kan kalo pindah agama … maksut gue nggak ada yang mberatin …” imbuhnya.

kuping saya gatal.

hati saya berdesir hebat.

sepertinya ada pasir yang menggeronjal.

saya sangat ingin marah dengan logikanya yang berantakan.
jadi kalau dua ortunya masih hidup, dia tidak akan pindah agama? kalau pindah agama saat ortunya masih hidup, itu sah? jadi, boleh dan tidak dilarang untuk pindah saat orangtuanya meninggal?

bagi saya, bukan hal yang wajar untuk menggunjingkan perpindahan agama, apalagi mengaitkan dengan kedua ortunya yang sudah meninggal. lebih-lebih, bagi saya, keduanya tak bertalitemali dengan erat.agama adalah rasa dan sikap.  perpindahan agama adalah kepentingan. sedangkan dua orangtua yang meninggal adalah takdir.
tabu.

Written by femi adi soempeno

May 7, 2007 at 3:25 pm

Posted in Uncategorized

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. out of topic:
    haiyahh.. eling umur, ngger..😛

    mbahatemo

    May 14, 2007 at 5:13 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: