The red femi

berlin ga ada apa-apanya dibanding jakarta!

leave a comment »

“Today is a very very long long day!” kata Austin, peserta dari Nigeria.

Wah, aneh banget. Padahal ini kan baru hari pertama. Austin dengan aksen inggris yang diseret-seret ini memang sudah terlihat bosan dan mengantuk sejak jam 2 siang. Saat Hans, project director Inwent, menjelaskan jadual selama dua bulan, dia krasak-kresek buka koran. Wah, sungguh menyebalkan.

Inwent ini adalah bagian dari ministry of corporation and development di jerman. Di bagian pengembangan media, sejak tahun 60-an mereka sudah memiliki program bagi wartawan seperti ini. dan itu sangat mungkin untuk mengikuti lebih dari satu macam program yang dibikin oleh inwent. Hitungan Hans, per orang menghabiskan dana sekitar 10 ribu euro untuk program ini. Wah, ga murah ya.

barusan adainformal welcome dinner. Semuanya nggak saltum kecuali Khan dari Pakistan dan Marian dari Ghana. Khan pake jas sangat rapi, sementara Marian pake Kebayenselvitz (??) dengan Duku untuk ikat kepalanya, ini pakaian adat dari Ghana, ya mirip long dress gitu dengan high heels. Femi? Pake kaos biasa dan sepatu sandal, yang lain juga begitu. Pakain Ghana menarik perhatian. Apalagi saat di kereta Underground dia angkat-angkat keteknya. Wah. Asem tenan.

informal dinnernya di hotel ambasador. Ini adalah pusat perbelanjaan di berlin. Menunya tomato soup with chili, salmon dan ada fruit salad. Sebenernya makan main course nya dengan nasi. Tapi saya minta baked potato with creamy. Tapi tetep aja, ada sparkling wine sebagai welcome drink nya, dan red wine untuk penutupnya.

Berlin nggak ada apa-apanya dibanding Jakarta. Meski sama-sama ibukota, Jakarta lebih hidup ketimbang Berlin. Semua toko besar setidaknya tutup jam 6 atau jam 7 malam. Katanya, ini aturan baru pemerintahan di uni eropa. Beberapa toko yang buka adalah toko kecil yang harganya malah jauh lebih mahal. Lucunya, ada banyak toko disini yang buka jam 8-22, tapi ditulis didinding atau jendela OPEN 24 HRS. Halah …

Written by femi adi soempeno

June 4, 2007 at 3:35 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: