The red femi

tipuan, menipu, penipuan

with 18 comments

saya sangat tahu, dia menipu.

pada akhirnya ini bukan pembuktian pertama saya bahwa rumah maya menghalalkan beragam bentuk penipuan. umur. pekerjaan. nama. status. jumlah anak. alamat tinggal. kegemaran. penyakit. pendeknya: identitas. saya selalu punya pertanyaan yang saya tak mudah menemukan jawabannya: “motifnya apa sih?”

bisa jadi, hanya untuk iseng. bisa pula untuk sebuah kesenangan kecil. sebut saja: masturbasi.

penipu ini adalah juga blogger. bisa jadi si penipu ini merasakan nikmatnya menipu orang lain. menyedot perhatian bloggers. mengundang simpati.  

tapi saya terus menikmati tipuannya. pasti dong, dengan segala kelogisan saya, dan tawa renyah yang tak bisa saya hentikan. saya tergelak. saya mentertawakan kebodohan yang tidak pernah bisa dia hentikan. tahu kenapa? gaya tipuannya tidak masuk akal. tidak tepat.

begini.

misalnya dia bilang, “fem, gue oleh-olehin lo botol air minum laken dari spanyol, pas gue kemarin liburan disana …” yah! botol laken begituan mah bisa saya beli di ace hardware pondok indah atau pasaraya grande! harganya juga tak jauh berbeda, Rp 200 ribuan. atau, “fem, ini gue bawain buat lo tas merek tumi dari amrik … ” ini lagi. ngebohongin kok enggak rapi. saya sendiri mah punya atuh tas merek tumi yang saya angkut dari senayan city di kawasan senayan sono no.

itu baru tipuan seupil semut saja. sementara tipuan lain yang seupil gajah, jauh lebih banyak lagi. rasanya tidak etis kalau saya beberkan disini.

tapi saya bersyukur lekat dengan rasa mudah-tidak-percaya. saya selalu akan tanya dengan orang lain lagi yang jauh lebih tau dari saya. disinilah saya semakin bersyukur dikelilingi orang-orang yang serba tahu, bukannya yang sok tahu tapi keliru seperti dia. saya bisa dengan leluasa bertanya, “apa aja sih merek gitar yang dibikin di indonesia?” atau pertanyaan lain, “berapa besar sih jumlah impor minuman keras di indonesia?” atau juga, “penyakit diabetes itu seperti apa sih?”

sehingga saat saya mendengar dan tahu sesuatu dari penipu itu, jelas banget saya bisa cek, cross cek dan super cross cek degan orang-orang di sekitar saya. lhah, ketauan deh dia menipu. untungnya *duh, jawa banget gitu lo* saya hanya tertipu sejenak. energi simpati saya sempat bangkrut dengan gemulai dan halus sikapnya saat ia menuturkan bahwa sebentar lagi waktunya sudah ‘habis’. pendeknya: mati. untungnya *lagi-lagi* kebiasaan bertanya pada orang yang lebih tau dan lebih mumpuni ini lebih berjalan ketimbang sekadar mengobral rasa simpati bagi si penipu.

tipuannya sungguh tidak mutu. ya itu tadi, bisa dengan mudah saya ketahui mana yang benar dan mana yang tidak benar. lucunya, dia menipu publik. howsh. rumah maya ini tempatnya. ngeblog. iya. dia adalah salah satu blogger di sini. di jakarta. di wordpress. *hayo, yang merasa … ngacung!* hits di blognya sempat mengundang cemburu beberapa blogger lainnya lantaran melejit dalam waktu kurang dari setengah tahun.

saya mah tidak ingin cemburu dengan hits nya. blog tipuan kok dicemburuin. saya justru merasa sangat beruntung karena saya bisa mengamati polah si penipu dan korban penipuan itu.

barangkali, menipu di blog adalah sah. dan tidak sengaja menjadi korban penipuan juga sah. sehingga saya juga mendapat penge-sah-an bahwa saya bisa mentertawakan dia dan kalian yang menipu dan tertipu.

selamat ngeblog.

Written by femi adi soempeno

November 8, 2007 at 4:18 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , , , ,

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ada hubungannya dengan ini: http://sayap.wordpress.com/2007/11/07/maafin-ade/ ??? via japri answer is preferred😉

    STR

    November 8, 2007 at 10:10 am

  2. Namanya juga blog, bukan media. Artikel blog bukan karya jurnalistik -yang haram untuk menipu. Celakanya, artikel itu jadi konsumsi publik. Biarlah dosa menipu itu ditanggung si blogger.

    Well, blogging adalah sarana menghibur diri, katarsis, menumpahkan segala unek dan rasa, hingga akhirnya kita tertawa. Mungkin dia merasa terhibur dengan menipu banyak orang. Yah kita ketawa aja Mbak Femi. Selamat ngeblog… hehehe…

    Yacob

    November 8, 2007 at 2:01 pm

  3. oops … soal tulisan ini mah saya tak menujuk orang langsung. entah ade, nona, sinta, novi, selly … bahkan, nggak ada kaitan langsung dengan deklarasi atas investigasi yang dibikin blogger. kalo ada yang tersinggung mah … itu perkara lain. jangan-jangan memang takut kedoknya terbongkar. wakakaka …

    tukang nulis

    November 9, 2007 at 6:33 am

  4. Hadiirr :D*maap mbak femi ngabsen nang kene*

    hehe..Jd pengen ngajak kopdaran djogja. Blogger jogja mungkin seneng banget tuh kalo ade(kok ade sih?maap,berkaitan dgn BTM) berkenan kopdar djogja.
    Apa mau baksos jg bisa,mungkin bisa bareng2 dgn cahandong(kok cahandong dbawa2 sih?Soale cahandong pernah baksos jg.Siapa tau kan bisa saling bersinergi).
    hehe peace.

    nico

    November 9, 2007 at 10:36 am

  5. mbak fem, lha bukannya mbak kenal baik ame pangerannya ade (di blog nya si gitu ceritanya) itu tu yg nulis buku bareng ma mbak, mas keriting ndut ex JB jogja. lha kenapa si mas gak kasih klarifikasi ajah, let the truth speak gt…
    *kasih diskon buat beli bukunya donk…*

    anti

    November 9, 2007 at 12:17 pm

  6. #anti
    duh. diskon buku? hehehehehe …. whoops! minta kunto ah, dia kan yang punya penerbitannya.😀
    beliau memang pangerannya ade, as she mention her writings. tapi … memangnya tulisan ini adalah bentuk tuduhan untuk ade? eits … tunggu dulu dongs …

    kancutmerah

    November 9, 2007 at 1:03 pm

  7. lantas bagaimana?

    danalingga

    November 9, 2007 at 3:35 pm

  8. Weleh2, salam kenal mbak femi. Saya baca beberapa comment mbak di blog Ade. Seingat saya mbak juga termasuk orang yang paling awal komunikasi dgn Ade di blog masing2. Jadi yg bener gimana ya, Mbak.

    budi

    November 9, 2007 at 3:41 pm

  9. ahahah…
    sapa yang tau juga kalau isi blog saya ini tipuan…

    ehehehe…

    kok ndak ada yang peduli ya?
    padahal saya selebblog juga loh…:mrgreen:

    dan masih banyak lagi blog lainnya yang sangat berpotensi menipu.

    Tapi, kenapa harus Ade saja yang diserang?😉

    salam kenal…

    Swiwi™

    November 10, 2007 at 6:15 am

  10. karena blognya rame.

    Budi Sulistyo

    November 10, 2007 at 10:19 am

  11. yee… blognya kancutmerah jadi ramai komentar. horee!

    munggur

    November 12, 2007 at 9:14 am

  12. tipu menipu dalam blog itu dah jadi risiko sejak fasilitas blog lahir. ini kan faceless commitment di mana orang sebebas-bebasnya bermain dan mempermainkan apa saja yg ia kehendaki. tanpa mikir tangan besi tuan editor dan sebagainya. inilah kelebihan blog dibanding koran, majalah, dan media konvensional lainnya. tapi, salut juga buat Fe yang memuaskan insting investigasinya. dasar wartawan! hi hi hi. temuanmu bermanfaat juga. minimal buatku untuk lebih hemat energi. sebuah fenomena menarik!

    musafirmuda

    November 14, 2007 at 6:48 am

  13. Fem, internet dan dunia nyata sama aja. sama-sama punya penipu. kalo pas kebetulan kita tau bahwa dia menipu, yo jelas mung iso sebal! tapi gak bisa melaporkan si penipu ke polisi. lha dia belum merugikan luar dalam je. paling-paling bikin kesel mulutmu karena kebanyakan ketawa .. ya to?

    bram

    November 16, 2007 at 2:42 pm

  14. @ bram
    emang, bisa jadi orang-orang pada kesel karena aku kebanyakan ketawa. lha emang harus gue ketawain je bram. kalo ga diketawain, mau diapain lagi, wong aku tau banyak je. males aja berhadapan dengan orang-orang yang ga jelas.

    @ trisetyaerso
    terima kasih. semoga amal baiknya mendapat pahala dari yang diatas.

    @ sigit
    iya git, gue cuma pakai insting gue sehari-hari aja kok. cuma pengin memuaskan napsu investigasi.

    @munggur
    halah, rame ga rame, biasa aja tu. yang bikin seru itu kan justru dari obrolan kita di rumah maya, nggur.

    kancutmerah

    December 4, 2007 at 1:01 am

  15. Seorang mu’min bisa diberi watak apa saja kecuali khiyanat dan dusta

    h a b i b

    August 7, 2008 at 7:01 am

  16. Salam kenal yah kang.

    Muda Bentara

    September 3, 2008 at 5:28 am


Leave a Reply

