The red femi

Take Off to Padang

leave a comment »

album tua mengusik saya.

karimata, dengan judulnya Jezz. aih. barangkali, karena judulnya adalah Take Off to Padang, saya jadi lebih sering mencuri dengar kembali instrumen dari album lawas itu lagi. album ini menggandeng musisi jazz kawakan, mulai dari phill perry, don grusin, lee ritenour, ernie watts dan bob james. musik di album ini digarap gotong-royong oleh ABCDE alias aminoto kosin, budhy haryono, chandra darusman, denny tr dan erwin gutawa.

take off to padang.

saya tercenung menyimak instrumen ini. saya terus menyimak. memutarnya kembali. dan kembali. dan terus. melantun pelan. iramanya menyurung ingatan pada sesuatu dan seseorang di suatu masa.

saya masih ingat persis bagaimana rasanya pesawat yang saya tumpangi take off menuju padang. memang, saat-saat take off membuat badan saya sedikit ngilu. tapi, tidak pagi itu. celana pendek krem, kaos oranye, sandal biru teva. travel bag kuning, backpack merah. satu tas besar, isinya folding bike csl.

saya mengundang supir bluebird untuk mengantarkan saya ke bandara. kami berbincang panjang. sebagai tanda kegembiraan dan buncah panjang yang bakal saya petik di padang, saya memberikan ekstra tips buat pak supir. hingga si burung besi mengantarkan saya menuju padang, pagi itu. take off to padang!

gembira. berdebar. seperti ada pelangi dengan tujuh larik warna indah yang membuntuti saya.

dua malam di padang, saya mengkarungkan kegembiraan. keramahan orang-orang bukittinggi. segelas kopi hitam di kedai nan yo. kebingungan sejumlah orang dengan folding bike yang saya bawa. berkejaran dengan penjual baut yang enggan mendapat kelebihan recehan. dan, tentu saja, jejalinan dengan lelaki dengan pjamas kotak-kotak merah.

lagu ini membuat hati saya makin kisut. saya tahu saya harus bergerak. dan saya sedang mencoba bergerak.

padang adalah jejakan yang indah di awal tahun. meski dua bulan sesudahnya cerita cinta ini usai, toh, padang tetap meninggalkan catatan liburan yang menyenangkan dan harus disyukuri.

iya, saya harus tetap mensyukurinya.

take off to padang? lain kali, saya pasti akan ke kota ini lagi.  

Written by femi adi soempeno

March 23, 2008 at 7:57 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: