The red femi

pury

leave a comment »

semalam saya mendapat pesan pendek dari teman lama.

namanya pury. iya, pury ekafenni. cantik ya namanya? saya mengenalnya saat ada kunjungan SMP Tarakanita V Jakarta ke SMP Stella Duce I Jogja, tempat saya nebeng mengenakan seragam putih-biru. wajahnya ramah. menampakkan dia anak baik. kami berkenalan, layaknya anak-anak SMP lima belas tahun silam.

dan, kami saling bertukar alamat, kemudian saling bersurat.

jarak jakarta-jogja menjadi dekat karena pak pos mengantarkan cerita-cerita kami. tentang pelangi yang menggurat langit jogja. tentang jingga yang sesekali turun di sudut jakarta. tentang kerlingan nakal dari lelaki di kantin sekolah. tentang rintik ritmis yang membasahi sore. tentang formulir yang harus diisi untuk mendaftar SMU. tentang seragam biru yang harus ditanggalkan untuk diganti menjadi abu-abu.

pury. saya mendesahkan namanya sebentar. teman baik.

perjumpaan pertama usai kami menanggalkan seragam putih-biru adalah saat kami sudah tak lagi berseragam. iya, saat kami kuliah. menjumpainya kembali adalah sebuah kebahagiaan, binar mata, senyum seringan kapas, butiran bening yang jatuh dari sudut mata, pelukan hangat dan cerita yang tak mengenal kata titik.

pekerjaan dan jakarta menggerus jejalinan ini. sibuk. sementara, jarum jam terus bergerak ke kanan dan terus ke kanan. kelingking tak lagi saling mengamit.

saya rindu. saya rindu dengan pury.

semalam, rasanya ingin melompat dari kereta dan berlari pulang ke rumah. saya ingin membongkar gudang surat saya semasa kecil. surat-surat dari pury.

Written by femi adi soempeno

April 6, 2008 at 11:32 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: