The red femi

ngiler pizza

with 5 comments

nyidam pizza.

sebenernya ingin ke pizza tipis seperti izzi pizza atau pizza marziano. tapi … tetap saja pilihannya jatuh ke plaza semanggi. jadinya, ya mau tidak mau harus membungkus seloyang pizza di pizza hut.

bersama soedar, saya menghabiskan seloyang ukuran medium, plus chicken wings isi 6. hasilnya ya mantap: kekenyangan. tapi tidak ah. setidaknya sudah lunas terbayar keinginan makan pizza. pizza tebal. pizza amerika. entah, bagaimana rasa pizza amerika di amerika.

seiris pizza italia saya angkut di sebuah pizzeria —gerai pizza— di venezia. tebal, bahkan lebih tebal dari pizza bikinan pizza hut. bentuknya kotak. saya dan judy berambisi sekali dengan irisan pizza ini. mereka, para pizzaioli/koki pizza memanggang pizza di tungku terbuka yang terbuat dari batuan vulkanik.

entah, dari mana asal muasal pizza ini sesungguhnya. italia mengklaim, sementara amerika juga. yang jelas saya tahu, pizza dengan beragam topping ini memang evolusi olahan roti yang dimulai sejak jaman purba. bahkan orang Mesir, Libanon, Turki, Yunani, Romawi, Yahudi sampai sekarang pun masih makan roti yang rasanya flat, tawar banget. sebutannya adalah pita bread.

mencoba menelisik sejarah pizza (halah, sok tau lo fem), asal muasal pizza ini dari lauk yang ditebarkan diatas roti. dari sinilah pizza berawal. hanya, namanya picea, dipanggang dalam tungku tanah liat hingga sedikit gosong di sisi-sisinya. generasi pizza selanjutnya adalah taburan irisan keju mozzarella. keju yang dibikin dari susu kerbau ini ada di atas roti gandum pizza. lebih sempurna lagi, tomat mengisi sejarah panjang per-pizza-an.

dus, keju dan tomat selalu ada dalam olahan pizza.

Written by femi adi soempeno

June 22, 2008 at 1:04 pm

Posted in Uncategorized

Tagged with ,

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hmmmmm .. aku dadi pengin pizza … eh, sekarang pizza hut kan bikin pizzanya udah tipisan to? enggak kayak dulu lagi (sttt … ono bonus rambut ora Fem? hehe ..)

    bram

    June 23, 2008 at 10:11 am

  2. kalo di pizza hut, paling manteb chicken dram stick atau chicken wing honey-nya. sedap.

    munggur

    June 29, 2008 at 2:02 pm

  3. # bram
    enggak ada bonus rambut lagi. jadinya gak dapat salad gratis deeehhh …

    # munggur
    chicken wing honey? sakjane enak nggawe dewe kang.🙂

    femi adi soempeno

    July 6, 2008 at 2:04 pm

  4. […] July 6, 2008 · No Comments saya suka pizza. […]

  5. […] saya suka pizza. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: