The red femi

visa kunjungan ke USA ditolak

leave a comment »

“I am sorry, we can not provide visa for you,” kata perempuan berambut pirang, sembari menyodorkan paspor dan selembar kertas penolakan.

Oh my gosh! Iya, saya tak bisa menemui kakak saya. Saya tak mendapatkan visa kunjungan. Di kepala saya, sejumlah rencana menderet: membatalkan cuti yang sudah terlanjur di ACC dan merencanakan liburan lebaran di Jogja. Tentu saja, sebelumnya, harus menyembuhkan penyakit saya ini.

Kedutaan besar Amerika Serikat di Jakarta tak akan pernah menjelaskan alasan penolakan visa. Tetapi seorang kakak saya yang lain mengatakan, bisa jadi penolakan itu ya karena ada saudara di sana, dengan status saya yang belum menikah dan tidak ada keluarga dekat di Indonesia. Jadi, besar kemungkinan saya akan ikut tinggal dan menetap di Amerika.

Badan saya semringet. Bukan hanya karena saya sedang sakit, tapi ya karena saya tak bisa berjumpa dengan kakak saya tahun ini.

Jadi, kemana sebaiknya liburan lebaran ini?

Written by femi adi soempeno

September 12, 2008 at 5:11 am

Posted in Uncategorized

Tagged with , , , , ,

Leave a Reply

