The red femi

femi unik

leave a comment »

dua bersaudara dengan esti, kakak saya, kami dilahirkan berbeda. persisnya: unik, satu dengan yang lainnya. dan saya selalu mensyukurinya.

1. saya suka mengenakan kaus kaki yang berbeda antara kanan dan kiri. awalnya, hanya karena ketidakmampuan menata kaus kaki yang barusaja diangkut dari jemuran, sesegera mungkin. jadilah, lemari gantung itu menggudangkan kaus kaki secara uyel-uyelan. saya tak pernah memasangkannya dan menatanya dengan apik. jadi, ya asal comot saja mana yang terambil. tak jarang, sekali ambil, dua warna kaus kaki berbeda. tak apalah. eeh, lama-lama, kok ya seru juga. jadilan ini kegemaran baru.

2. wine-cokelat-teh-bir-setup-kopi, apapun jenis minuman, saya suka! barangkali sumur ini memang besar, jadi memuat sebanyak mungkin jenis minuman, ya fine-fine saja. tidak heran, di kubikel saya ada beragam jenis minuman. cokelat. teh kasar. teh celup. gula batu, gula tropicana slim. lemon tea. teh tarik. kopi kasar. kopi susu sachet. ah, banyaknya! di rumah, saya juga sering menggudangkan beragam jenis minuman. setup. bir. juice. banyak!

3. saya suka topi. meski tak dipakai saban hari, tapi topi memberi kenyamanan tersendiri bagi saya. kalau naik kereta ekonomi, pagi hari menjelang masuk ke jogja, wah, isis banget kalau nggak pakai topi. ubun-ubun ini dingin banget. solusinya ya mengenakan topi, apapun jenis topinya. sampai-sampai, pakai topi a la gadis jepun, kok ya dikira perempuan jepun sungguhan. wah, cilaka. padahal ya jawa medok begini.

4. mengenakan kaos, rasanya lebih nyaman ketimbang kemeja. barangkali karena penyerapanya lebih tajam ketimbang kemeja. nyatanya, jumlah kemeja tak sebanyak jumlah kaos. mari-mari mengintip lemari pakaian saya. banyakan kaos daripada kemeja. dan ternyata, saya lebih suka kemeja polos ketimbang bercorak. kalaupun bercorrak, ya jangan terlalu norak.

5. I love blogging very much! ada begitu banyak blog yang saya bikin. mulai dari makan-makan, yang rada serius dikit, referensi, hingga catatan harian. saya senang membikinkan blog untuk teman-teman. tentu saja, asalkan mau pakai wordpress.🙂 ini adalah ruang pelepasan lain yang sangat melegakan, selain pup. bosan menulis yang serius-serius, ya halaman putih inilah ruang terbaik untuk me-ngeden-kan kegelisahan, keriaan bahkan isak tangis.

6. ada yang mau bersepeda dengan saya? ayuk atuh. tapi jangan egois ya. maklum, sepeda saya bannya mungil. jadinya perlu ekstra usaha untuk bisa menyeimbangkan dengan ban-ban yang lebih besar. tapi, jangan manyun kalau saya letih dan memilih untuk melipat, dan menaikkannya ke taksi. dadah …

7. saya beruntung punya kubikel yang hangat di pabrik kata-kata tempat saya bekerja. di kubikel inilah saya meriung setengah dari minggu-minggu saya bekerja di pabrik kata-kata. saya harus berjejalan bersama dengan kardus, tumpukan koran dan tas. tapi tak apa. kubikel ini memberi kenyamanan tersendiri untuk ngolong dari pagi yang gelap hingga pagi yang terang. sendiri, dan tak takut. kadang, toto nyempil di ujung kaki.

8. saya suka berkereta. ah, ini sudah kesenangan mati. ujung-ujungnya, dari jakarta ke bandung saja merasa lebih nikmat naik kereta ketimbang naik travel. lama tak apa. asalkan naik kereta. bisa jadi, ini adalah sebagian darah yang menitis dari mbah kakung saya yang dulunya masinis kereta di jogja. bedanya, saya cuma numpang saja, malah kadang enggak bayar.

9. kubikel saya tak pernah bisa rapi. berantakan dimana-mana. mau cari apa saja ada di kubikel saya. dari korok kuping sampai laptop, ada tuh di meja saya. silakan diintip, tapi nggak boleh diambil ya. pilihan intipan lain: cheese spread, cokelat, tea maker, buku-buku, kotak makanan, pisau lipat, gunting, kaos kaki, kabel-kabel … ah, banyak!

10. saya tak pernah merasa hommey di jakarta. kalau ada di jakarta di ujung minggu, rasanya sumpek, pek. barangkali karena kebiasaan. iya, kebiasaan menghabiskan ujung minggu di jogja, jadinya ya aneh saja kalau hari sabtu atau minggu masih ada di jakarta.

11. ayo, makan-makan dengan saya. saya suka makan. apapun jenis makanannya. saya juga menulis tentang makanan, dan berencana untuk menulis buku tentang makanan (rencana doang ah dari dulu). saya juga mengkoleksi buku-buku yang ditulis oleh orang-orang tentang makanan. pokoknya, a to z tentang makanan. dan saya sedang belajar memasak sekarang.

12. saya suka dengan perkakas dapur. rasanya nyaman dan girang banget kalau ada di toko progo, di jogja. atau, di ace hardware. selalu saja ada yang diangkut pulang untuk menggenapi perkakas di dapur.

13. care banget sama toto. dia ini anjing kantor. semua orang juga peduli sama anjing kampung ini. makanya, sebagian penghasilan saya (caelah, bahasanya) sengaja saya sisihkan untuk membeli makanan untuk si anjing kampung ini.

14. saya selalu punya blueprint. cetak biru untuk hidup saya sendiri. memang semuanya mengalir, tapi aliran itu kan harus diarahkan. jangan sampai ndlewer begitu saja tanpa arah. cetak biru ini datang setiap hari ulang tahun tiba, dan juga menjelang tahun baru. ini adalah penyemangat hidup, merencanakan kehidupan besok pagi. tentu saja, Dia jauh lebih mendominasi.

15. segede begini, saya masih sering mbok-mbok-en. sumpah! hingga kuliah, saya masih menangis kalau ibu belum menyiapkan nasi putih di meja makan. sampai sekarang, juga masih mbok-mbok-en. sering kangen rumah, kangen ayah dan ibu. tapi karena keduanya tak ada lagi, ya jadi hanya bisa mbok-mbok-en sama esti, kakak saya.

16. ada banyak memori yang saya gudangkan secara fisik maupun non fisik. misalnya saja, dalam perjalanan travelling ke padang, atau ke bali, atau ke amsterdam, atau ke venezia. cuilan tiket, bungkus permen dan kartu pos selalu saya simpan sebagai tanda pengingat. surat-surat waktu masih sekolah dulu, juga saya simpan dengan baik.

17. saya selalu ingin meninggalkan jejak. pada teman-teman, pada esti kakak saya. bentuknya, ya kartu pos yang saya kirim pada sejumlah teman. sebagai obat rindu. sebagai penanda bahwa saya masih hidup.

Written by femi adi soempeno

August 14, 2008 at 2:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: