The red femi

Tempe buatan bu sulardjo

leave a comment »

p1070230.JPG

suka tempe?

jika singgah ke muntilan selepas jam 15.30 sore, coba arahkan kendaraan anda ke jalan kartini. persis di depan PMI, ada satu warung kecil yang menjual tempe mendoan yang kemripik. tempe ini bukinan bu sulardjo yang sudah menjual sejak 28 tahun yang lalu. “pertama menjual, harga satu  tempe goreng ini Rp 30,-. sekarang Rp 700,- per buah,” ujarnya. sebenernya yang dijual bukan hanya tempe saja. tapi juga ada tahu dan pisang goreng.

setiap bungkus tempe yang diangkutnya dari pasar berisi 3 atau empat iris tempe yang tipis. setiap hari, ia bisa menjual sekitar 700 iris tempe. tapi, katanya, ini tak seberapa dibanding dulu yang bisa menjual hingga lebih dari 1000 iris tempe setiap hari. konon, penurunan volume tempe ini lantaran daya beli orang tak lagi mampu membeli tempe dengan harga yang ia patok. “semuanya sekarang kan mahal …” katanya. rasa tempenya nikmat, karena digoreng garing dan gurih.

aneka gorengan ini disandingkan dengan wedang jahe nan hangat yang ia taruh dalam ceret berukuran sedang. rasanya hangat, lantaran memang baru saja dijerang. tapi sesungguhnya hangatnya jahe tak begitu terasa.

ayo, mampir!

Written by femi adi soempeno

October 20, 2006 at 5:08 pm

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: